You are currently viewing 4 Tipe Pasangan MBTI yang Cocok dengan Kepribadian INFJ

4 Tipe Pasangan MBTI yang Cocok dengan Kepribadian INFJ

Pembelajarproduktif.com – Halo Sobat Pembelajar! Aku mau tanya nih, apakah kamu seorang INFJ? Jika iya, apakah kamu juga ingin memiliki pasangan yang cocok? Nah, kalau kamu mau punya hubungan yang harmonis dengan pasanganmu, 4 tipe pasangan MBTI ini mungkin bisa cocok dengan tipe kepribadianmu sebagai INFJ.

Setiap orang memiliki kepribadiannya masing-masing. MBTI menjadi salah satu tolak ukur yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui tipe kepribadian setiap orang, termasuk pasanganmu.

Ketika kamu mengetahui tipe kepribadian pasanganmu, hal ini bisa meningkatkan keharmonisan dalam menjalin hubungan. Itu karena kamu tahu kelebihan pasanganmu yang saling mendukung dan kekurangan yang saling melengkapi.

Nah, kalau kamu seorang INFJ, ada 4 tipe MBTI yang cocok menjadi pasangan kamu sebagai INFJ. Penasaran kepribadian INFJ cocok sama MBTI apa? Yuk simak artikel ini sampai selesai!

Apa Itu MBTI INFJ?

Apa Itu MBTI INFJ?

Sebelum aku membahas pasangan MBTI yang cocok, aku ingin membahas dulu apa itu MBTI INFJ. Ini penting sebagai bentuk kamu mengenal diri sendiri lebih dalam. Jika kamu gak bisa mengenal dirimu sendiri, bagaimana kamu bisa mengenal orang lain?

Jadi, INFJ adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian yang diidentifikasi oleh MBTI. Kepribadian INFJ terdiri dari empat komponen utama: Introverted, Intuitive, Feeling, dan Judging.

  • Introverted: INFJ cenderung lebih fokus pada dunia internal. Kamu membutuhkan waktu sendirian untuk memulihkan energi dan lebih suka berinteraksi dalam kelompok kecil.

  • Intuitive: INFJ lebih suka melihat kemungkinan, potensi, dan visi masa depan daripada fakta-fakta dan detail saat ini. Kamu juga cenderung berpikir secara abstrak dan konseptual.

  • Feeling: INFJ membuat keputusan berdasarkan nilai-nilai pribadi dan perasaan diri sendiri serta perasaan orang lain. Kamu sangat empati dan peduli terhadap kesejahteraan orang lain.

  • Judging: INFJ suka rencana yang terstruktur dalam kehidupan mereka. Kamu lebih suka mengatur dan mengendalikan lingkungan untuk mencapai tujuan.

Secara keseluruhan, kepribadian INFJ dikenal sangat empatik dan sering memiliki visi jangka panjang yang mendalam. 

INFJ adalah pendengar yang baik dan cenderung sangat intuitif dalam memahami perasaan dan kebutuhan orang lain. 

Kepribadian tersebut juga dikenal sebagai orang yang memiliki semangat tinggi untuk membantu orang lain

INFJ juga sering kali termotivasi oleh keinginan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Baca Juga: 4 Kepribadian Manusia: Kamu yang Mana?

4 Pasangan yang Cocok untuk MBTI INFJ

Dari penjelasan di atas, kamu mungkin semakin penasaran, kira-kira INFJ ini cocok dengan siapa sih? Jadi yuk langsung saja, berikut 4 tipe pasangan MBTI yang cocok dengan INFJ:

1. INFJ dan ENFP (Extraverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)

4 Pasangan yang Cocok untuk MBTI INFJ: INFJ dan ENFP

Ternyata, INFJ cocok dengan ENFP. Itu karena dua kepribadian tersebut sama-sama intuitif. Artinya, kalian berdua cenderung melihat dunia dengan cara yang sama, yaitu menghargai makna dan tujuan hidup yang lebih dalam. 

INFJ dan ENFP juga memiliki kepedulian yang sama dengan orang lain dan memiliki empati yang tinggi. Kombinasi ini membuat kalian bisa saling memahami satu sama lain tanpa banyak penjelasan.

Kedua kepribadian tersebut memiliki perbedaan masing-masing yang saling melengkapi. ENFP lebih spontan dan fleksibel, sedangkan INFJ lebih terstruktur dan terorganisir. 

Perbedaan ini bisa jadi berkah tersendiri. INFJ bisa membantu ENFP menjadi lebih teratur, sementara ENFP bisa membantu INFJ menjadi lebih santai dan menikmati momen-momen spontan dalam hidup.

Nah, kombinasi antara kreativitas ENFP dan kemampuan organisasi INFJ ini menciptakan sinergi yang luar biasa. 

Kamu sebagai INFJ bisa membantu merencanakan ide-ide besar ENFP, sementara ENFP bisa menginspirasi kamu dengan pandangan hidup yang segar dan penuh semangat.

2. INFJ dan ENFJ (Extraverted, Intuitive, Feeling, Judging)

4 Pasangan yang Cocok untuk MBTI INFJ: INFJ dan ENFJ

INFJ juga cocok sama ENFJ. Itu karena dua kepribadian tersebut sama-sama intuitif dan emosional. Kalian berdua menghargai hubungan yang mendalam dan bermakna. 

Dorongan untuk membantu dan mendukung orang lain adalah kelebihan untuk kalian bersama sehingga hubungan itu penuh dengan rasa saling pengertian dan dukungan.

Selain itu, MBTI INFJ juga cocok dengan ENFJ karena ENFJ lebih ekstrovert dan mudah bergaul, yang bisa membantu INFJ keluar dari zona nyaman dan lebih terlibat secara sosial. 

Sementara itu, INFJ menawarkan kedalaman emosional dan introspeksi yang membuat ENFJ dapat merasakan hubungan internal atau diri sendiri yang lebih dalam.

Dengan dukungan dan perhatian yang mendalam, hubungan antara INFJ dan ENFJ bisa menjadi sangat harmonis

Keseimbangan antara kebutuhan sosial ENFJ dan introspeksi INFJ membuat hubungan ini kaya akan komunikasi yang sehat dan empati yang mendalam.

Baca Juga: Ternyata Beda! Ini Dia Perbedaan karakter dan Kepribadian

3. INFJ dan INFP (Introverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)

4 Pasangan yang Cocok untuk MBTI INFJ: INFJ dan INFP

INFJ dan INFP memiliki nilai-nilai yang sama, seperti menghargai integritas dan autentisitas. Kalian berdua intuitif dan sensitif sehingga memahami kebutuhan emosional satu sama lain. Hal ini menciptakan ikatan yang kuat dan penuh pengertian.

INFJ juga cocok dengan INFP karena INFJ lebih terstruktur dan dapat membantu INFP yang kadang kesulitan dengan disiplin. 

Sebaliknya, INFP lebih fleksibel dan bisa membantu INFJ menjadi lebih rileks dan tidak terlalu kaku dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Hubungan yang penuh pengertian dan toleransi ini memungkinkan INFJ dan INFP untuk saling mendukung dalam mencapai tujuan masing-masing. 

Keseimbangan antara struktur INFJ dan fleksibilitas INFP membuat hubungan ini semakin dinamis dan harmonis.

4. INFJ dan INTJ (Introverted, Intuitive, Thinking, Judging)

4 Pasangan yang Cocok untuk MBTI INFJ: INFJ dan INTJ

INFJ dan INTJ sama-sama introvert dan intuitif sehingga kalian memahami kebutuhan akan waktu sendiri dan kedalaman intelektual. 

Kalian juga memiliki visi jangka panjang dan tujuan yang jelas, yang bisa menjadi fondasi yang kuat dalam suatu hubungan.

Selain itu, INFJ lebih emosional dan peka terhadap perasaan orang lain, sementara INTJ lebih logis dan rasional. 

Kombinasi ini memungkinkan kalian untuk saling melengkapi dalam pengambilan keputusan, yaitu menggabungkan empati dan logika.

Tak hanya itu saja, kombinasi empati INFJ dan logika INTJ menciptakan hubungan yang seimbang. 

INFJ bisa membantu INTJ untuk lebih mempertimbangkan perasaan orang lain, sementara INTJ bisa membantu INFJ untuk lebih rasional dalam menghadapi situasi.

Baca Juga: 5 Cara Mengenal Diri Sendiri Biar Makin Produktif

Jadi itu 4 tipe kepribadian MBTI yang cocok menjadi pasangan dengan INFJ. Menemukan pasangan sesuai dengan kepribadian memang bisa membawa hubungan yang lebih harmonis dan bahagia.

Namun, tak hanya hubungan asmara yang perlu kamu perhatikan, tapi juga bagaimana kepribadian kamu bisa berpengaruh pada produktivitas sehari-hari. 

Ketika kamu menjadi lebih produktif, kamu bisa mengelola waktu dengan lebih baik, merasa lebih puas dengan pencapaianmu, dan tentunya, ini akan berdampak positif pada hubungan asmara kamu.

Nah sekarang bayangkan…

Jika kamu bisa memahami dirimu lebih dalam, bukan hanya hubunganmu yang semakin harmonis, tapi kamu juga bisa menjadi versi terbaik dirimu di segala aspek kehidupan, bukan?

Dengan produktivitas yang optimal, kamu bisa memiliki lebih banyak waktu dan energi untuk dihabiskan bersama pasanganmu, serta menciptakan kehidupan yang lebih seimbang dan memuaskan. Apakah kamu mau merasakan semua itu?

Kalau mau, kamu sangat beruntung karena aku bisa mewujudkan semua impian kamu itu melalui 

MBTI Productivity Guide “Special Edition for INFJ”

MBTI Productivity Guide “Special Edition for INFJ”

Dalam Panduan Produktif MBTI ini, kamu akan mendapatkan 11 VOLUME PANDUAN PRODUKTIF khusus MBTI INFJ.

Kamu akan mengetahui lebih dalam CARA MEMAKSIMALKAN KELEBIHAN sebagai seorang INFJ sehingga kamu bisa meraih kesuksesan LEBIH TINGGI DAN CEPAT

Gak hanya itu saja, panduan ini juga berisi CARA MENGATASI KEKURANGAN kamu sebagai seorang INFJ sehingga semua keresahan maupun kendala kamu TUNTAS BEBAS MASALAH.

Panduan khusus ini juga membahas cara MANAJEMEN WAKTU, ENERGI, dan FOKUS, sehingga kamu bisa jago mengatur waktu, punya banyak energi dan gak cepat capek, hingga bisa fokus sepenuhnya.

Gak hanya itu saja, panduan ini juga bisa membuat kamu MEMBANGUN HABIT dengan konsisten, memaksimalkan potensi BELAJAR, hingga bisa BERADAPTASI di berbagai lingkungan sosial. Kamu pasti mau dapat manfaat itu semua, bukan?

Jadi Yuk Dapatkan “MBTI Productivity Guide Special Edition for INFJ” Sesuai Tipe Kepribadianmu!